11 Manfaat Menangis Yang Luar Biasa Bagi Badan Kita

Apa sih manfaat menangis? Air mata tidak akan mengubah apa yang telah terjadi. Nasi sudah menjadi bubur. Begitulah kata banyak orang. Eits, jangan salah! Bubur yang terlanjur jadi pun bisa dinikmati bersama cakwe, suwiran ayam, dan lainnya. Lepas dari itu, tangisan tetap ada gunanya.

 Air mata tidak akan mengubah apa yang telah terjadi 11 Manfaat Menangis Yang Luar Biasa Bagi Tubuh Kita

Menangis bisa disebabkan oleh sedih, kecewa, tertekan, luapan emosi, atau terlalu bahagia. Ini hubungannya dengan perasaan hati. Tapi, air mata juga bisa mengalir alasannya yakni percikan cairan yang keluar dari bawang merah. Ibu – ibu sangat maklum akan hal ini, bukan?

Dari sisi biologis, suasana hati yang berubah drastis akhir suatu insiden sanggup memengaruhi hormon estrogen. Akibatnya yakni reaksi emosional, yang sering disertai dengan tangisan.

Kenapa perempuan lebih sering menangis dibandingkan dengan pria? Hormon tersebut 20 kali lebih banyak dimiliki oleh wanita. Makara wajar, perempuan terkesan lebih cengeng daripada pria.

Faktor lain penyebab menangis yakni masuknya kotoran ke dalam mata, menyerupai debu dan sebagainya. Orang biasa menyebutnya dengan kelilipan.

11 Manfaat Menangis Yang Luar Biasa Bagi Tubuh Kita


Mungkin banyak orang bilang tangisan tidak ada gunanya. Berikut ini yakni efek kasatmata menangis bagi kesehatan tubuh:

1. Membersihkan basil di mata

Air mata yakni obat tetes mata alami, yang bisa berkhasiat sebagai anti-bakterial dan anti mikroba. Cairan ini mengandung lisozim, gamma globulin, cairan laktoferin, dan beta lisin.

Nah, enzim – enzim tersebut bisa menumpas 90 persen basil dan mikroorganisme yang terdapat pada benda – benda yang tersentuh oleh tangan kita, menyerupai keyboard laptop, tiang, atau apapun yang biasa dipegang oleh tangan.

2. Mencegah tekanan darah tinggi

Beban fikiran yang menumpuk dan tidak diluapkan, sanggup memicu naiknya tekanan darah (Hipertensi). Nah, salah satu cara untuk mengurangi beban fikiran yakni menangis !

Lebih detail terkait tekhipertensi: Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami

3. Mencegah terkena Flu

Bakteri penyebab influenza sanggup singgah di balik kelopak mata. Tahukah anda, bahwa air mata mengandung zat lisozim fluida yang bisa membunuh 90 persen basil flu dalam hitungan menit. Kurang lebih sekitar 5 menit saja !

Lebih lanjut wacana pilek: 26 Cara Ampuh Mengobati Pilek Dan Flu !

4. Memperbaiki Suasana Hati

Bukan hanya faktor psikologis yang memengaruhi suasana hati. Secara biologis, kadar zat mangan yang menumpuk dalam badan akan memicu rasa cemas, gelisah, dan gampang tersinggung.

Dengan menangis, zat mangan akan diangkut keluar dari badan bersama air mata yang mengalir.

5. Mencegah Sinusitis

Salah satu penyakit yang berkaitan dengan jalan masuk nafas yakni radang sinus (sinusitis). Peradangan sinus sanggup berakibat gangguan pernafasan, disebabkan terganggunya kelembaban hidung.

Gejala sinusitis menyerupai sakit kepala, ingus berwarna kuning kehijauan, nyeri pada wajah, dan pembengkakan pada wajah. Nah, menangis yakni salah satu obat alami untuk mencegah Sinusitis !

6. Membantu mengatasi radang sendi

Studi ilmiah yang pernah diadakan di Tokyo mengungkap bahwa menangis sanggup membantu proses penyembuhan gangguan sendi. Hal ini juga harus diimbangi dengan teladan hidup yang sehat.

Pelajari: Cara Mengobati Rematik Secara Tradisional

7. Menghindarkan Depresi

Fikiran yang tertekan, penat, sanggup diredakan dengan menumpahkan air mata. Tangisan yang disertai emosi akan menghasilkan 24 persen albumin, protein yang mengontrol sistem metabolisme.

8. Mencegah stres

Luapan emosi yang disertai tangis, sanggup memicu keluarnya hormon stres menyerupai hormon kortisol ,endorphin leucine-enkaphalin, adrenocorticotrophic, dan prolactin. Inilah alasan kenapa anda merasa lega sehabis meneteskan air mata ketika stres.

9. Mengurangi beban fikiran

Mungkin anda heran, kenapa dengan menangis beban fikiran menjadi berkurang? Secara ilmiah, badan akan menghasilkan zat endorfin ketika kita menangis. Zat ini akan memengaruhi mood seseorang, sehingga perasaan cenderung bahagia.

10. Mengeluarkan racun

Toksin dalam badan bisa keluar bersama tangisan yang disertai perasaan. Hal ini diungkap oleh William Frey, pakar biokimia. Detoksifikasi penting untuk menjaga kinerja organ penting dalam badan kita.

11. Mencegah penglihatan kabur

Menitikkan air mata ketika menangis akan mencegah keringnya selaput mata. Cairan yang membasahi mata, berkhasiat untuk melumasi kornea dan konjungtiva. Jika kehilangan cairan tubuh terjadi akhir keringnya kornea, sanggup mengakibatkan pandangan menjadi kabur.

Menarik: 12 Cara Ampuh Menghilangkan Stres Dengan Cepat !

Nah itulah 11 manfaat menangis yang menguntungkan kesehatan seseorang. Jadi, air mata bukanlah berarti menunjukan cengeng. Lebih tegar mana anda dengan matahari, yang sinarnya menyilaukan di siang yang terik? Ketahuilah, matahari pun pernah menangis.

Tinggalkan komentar

Kami Sarankan Chat Dulu Sebelum Transfer untuk memastikan Transaksi berjalan dengan baik Dismiss

awwh...!