Cara Membersihkan Kutu rambut Agar tidak balik lagi Secara herbal

Kepala diserang kutu rambut? Menggelikan pastinya. Kutu rambut menyebabkan rasa gatal di zona kepala. Tak hanya itu, kalau tak segera diselesaikan, kutu rambut bisa berkembang biak, yang ditandai dengan banyaknya telor kutu rambut di kulit kepala Anda.

Berdasarkan dr. Sara Elise Wijono MRes dari KlikDokter, kutu rambut ialah variasi serangga yang hidup di kepala. Serangga ini bertahan hidup dengan mengisap darah manusia. Umumnya, kutu rambut tak bisa bisa hidup lebih dari 48 jam di luar tubuh manusia.
Penyebaran kutu rambut

Kutu rambut paling sering kali menyerang buah hati-si kecil, padahal orang dewasa juga dapat terkena. Kutu rambut menular sebab adanya kontak seketika dengan orang yang terpenting dulu jadi “inang”. Jadi, jangan bayangkan kutu rambut itu melompat dari satu kepala ke kepala lain.

Kontak lantas yang dimaksud yakni dapat melewati penerapan topi, sisir, handuk, atau tidur satu ranjang dengan orang yang terkena. Olahraga yang membutuhkan kontak jasmaniah juga dapat membikin orang tertular, tapi kutu rambut tak dapat ditularkan dari binatang peliharaan.

Siklus kutu rambut dimulai dikala kutu betina bertelor dengan melekatkannya pada ujung akar rambut. Kutu akan menjadikan zat yang amat kuat seperti semen untuk melaksanakan ini.Selama perkembangan, telur kutu mengikuti suhu tertentu di kepala. Jadi, telur kutu yang paling dekat dengan kulit kepala ialah yang paling baru diletakkan di rambut dan kemungkinan ini yakni embrio yang hidup sehat.
Bagaimana menyingkirkannya?

Berdasarkan Alejandra Perotti, pembantu profesor di Fakultas Biologi, University of Reading, dua format kutu rambut yang sepatutnya dipastikan sebagai sasaran utama yaitu betina dan telor yang baru lahir. Untuk menghilangkan kedua bentuk itu, sisir halus yang sejak zaman dahulu kala disebut sebagai sisir kutu telah rupanya tepat sasaran dalam hal perawatan dan pencegahan kutu.

Di sisi lain, berdasarkan dr. Sara, kutu dapat dibasmi dengan cara menerapkan obat kutu yang dipasarkan bebas. Namun, jangan berikan ini kepada penderita yang masih berusia 2 tahun ke bawah. Selain itu, orang yang tidur seranjang dengan penderita juga semestinya diberikan obat kutu hal yang demikian.

Kecuali itu, obat-obatan tradisional juga bisa diberi terhadap penderita kutu rambut. Salah satu obat tanaman tradisional masih dipakai di Eropa yakni infus herbal. Infus ini terbuat dari campuran tanaman kacang panjang dan kacang kering, kemudian disemprotkan ke kepala.

Mengingat temperatur spesifik yang dibutuhkan untuk telur kutu berkembang dan perubahan temperatur drastis bisa membunuh mereka, sistem baru juga sekarang sedang dioptimalkan. Yaitu, memanaskan kepala sebagai komponen dari perawatan rutin. Perangkat rambut yang menciptakan udara panas, seperti hair dyer dan catokan, menampakkan hasil yang optimal saat diterapkan dengan benar secara teratur.

Anda juga perlu memperhatikan kondisi kebersihan benda yang mungkin bisa menularkan kutu rambut. dr. Sara menganjurkan Anda untuk mencuci sarung bantal, seprai, topi, dan benda yang terkena kontak dengan kepala penderita selama dua hari menggunakan air panas. Benda yang sulit dicuci, seperti karpet, bisa dibersihkan dengan mesin vacuum.

Agar tak disambangi kutu rambut, salah satu cara yang paling bagus adalah menjaga kebersihan rambut dengan keramas. Selain itu, hindari mengaplikasikan barang pribadi secara bergantian, seperti handuk, sisir, dan bantal. Tetapi kalau sudah telanjur terkena, Anda dapat menggunakan sisir kutu tradisional dan infus herbal untuk mengusir kutu rambut. (klikdokter)

Tinggalkan komentar

awwh...!